Tips Sederhana Merawat Motor Klasik

motor honda klasik 70
Ilustrasi motor klasik

Memiliki motor tua adalah sebuah kesenangan dan kebanggaan tersendiri, apalagi jika tahun pembuatannya semakin tua misalkan anda punya Honda CB tahun 1970. Akan tetapi memiliki aja tidak cukup, motor tua yang sering ngadat dan mogok juga malah menimbulkan stress dan trauma pada pengendaranya. Inilah tips untuk menjaga motor klasik kesayangan anda:
1. Ganti oli minimal per dua minggu
Tidak seperti  motor bebek biasa yang satu tahun bisa tidak ganti oli, tapi motor-motor tua tidak bisa seperti itu. Anda harus menyiapkan budget minimal per dua minggu untuk mengganti oli motor anda.
2.  Bahan bakar minimal pertamax
Bahan bakar yang memiliki oktan tinggi, membuat mesin bisa menerima tekanan pada mesin  berkompresi tinggi, sehingga dapat membuat piston bekerja lebih optimal.
3. Hindari guyuran air
Kebanyakan kasus motor yang mogok adalah justru saat setelah di cuci. Hal ini bisa terjadi  karena air yang disiram menggunakan selang masuk ke celah-celah karburator, dan mengendap disana. tentu ini akan membuat motor anda mogok karena bahan bakar sudah bercampur dengan air. Jika anda ingin mencuci motor, jangan menggunakan selang, siram saja pelan-pelan dengan gayung atau ember.
4. Service rutin
Harga mati untuk perawatan motor tua adalah service rutin, percayalah jika anda mulai teledor melakukan ritual yang satu ini, maka mesin anda sudah terancam turun mesin. Dan jangan lupa untuk langsung melakukan service saat sebelum dan sesudah turing, untuk menjaga kenyamanan.
5. Service di bengkel khusus motor klasik
Bawalah motor tua anda ke bengkel khusus motor klasik. Karena biasanya montir motor tua lebih tau dengan pasti masalah-masalah motor tua dan akan tepat dalam penanganan.