MARHABAN YA RAMADHAN, Sebuah ucapan yang hampir setiap tahun datang menyambut seluruh umat islam di dunia. Namun tentunya di Indonesia khususnya, sebelum dimulainya awal puasa atau ramadhan tahun 2015 atau 1436 H, akan ada sebuah penelitian dimana letak hilal pada sore hari satu hari sebelumnya.

awal Puasa ramadhan 2015Selamat menunaikan ibadah Puasa 2015

Tidak seperti penentuan awal di tahun sebelumnya, dimana menurut Muhammadiyah dan NU(Nahdathul Ulama) selisih satu hari untuk dimulai waktu puasa. Untuk tahun ini Muhammadiyah dan NU menetapkan bahwa awal puasa ramadhan tahun 2015 atau 1436 H jatuh pada hari kamis 18 Juni 2015.

Hasil penetapan awala puasa ramadhan tersebut juga disampaikan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) serta beberapa situs referensi almanak. Dan yang lebih menyenangkan adalah bahwa menurut Menurut penuturan ketua Lapan, Thomas DJamalludin, kemungkinan jatuhnya awal puasa Ramadhan dan Idul Fitri untuk tahun 2015 hingga tahun 2022 di Indonesia akan sama dan seragam. Sedangkan untuk Idul Adha, keseragaman akan terjadi mulai tahun 2016 hingga tahun 2022.

Seperti biasanya adapun untuk menentukan kapan dimulainya bulan Ramadhan tergantung dari posisi hilal yakni penampakan bulan sabit muda yang terlihat pertama kali setelah terjadinya ijtimak (konjungsi) sesudah maghrib. Alasan mengapa hilal hanya bisa nampak saat petang atau magrib adalah dikarenakan bentuk bulan sabit muda yang masih sangat tipis serta cahaya yang sangat redup. Cahaya redup ini dapat tertutup oleh cahaya matahari yang jauh lebih terang yang menyebabkan hilal menjadi tidak terlihat.

penetapan awal puasa ramdahan dengan melihat hilal

Ilustrasi penetapan awal puasa ramadhan 2015 atau 1436H

Seperti biasanya, setiap Puasa Ramadhan kita banyak yang membutuhkan jadwal puasa dan imsakiyah ramadhan 2015 di Di Indonesia. SILAKAN LIHAT ATAU DOWNLOAD DISINI

Selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramdahan tahun 2015 atau 1436 H, bagi umat islam semua, semoga amal ibadah di terima oleh Allah SWT. Amin