kantor PT Pos-Indonesia

Tahukah anda bahwa PT. POS Indonesia adalah sebuah perusahaan milik negara yang mengalami perjalanan sangat panjang. Oh ya sebelum membahas bagaimana perjalanan POS Indonesia ini, alangkah baiknya saya akan menjelaskan sedikit tentang apa itu POS sebenarnya.
Menurut wikipedia, POS adalah sebuah cara yang digunakan untuk mengirim suatu informasi atau objek yang akan disampaikan ke pihak lain. Obyek bisa berupa dokumen tertulis seperti surat misalnya dan biasanya dikirim menggunakan amplop tertutup yang diberi perangko tempel pada ujung pojok ataupun benda non tertulis yang biasanya dikemas dalam bentuk paket-paket.

 Mengenal lebih dekat PT. POS Indonesia

Sebelum berubah nama menjadi PT. POS Indonesia seperti saat ini, dahulu memiliki nama yang berganti-ganti dari waktu ke waktu.  Bahkan sejak dimulainya berdiri telah mengalami perubahan nama 5 kali yaitu :

1. PTT (Post, Telegraph, dan Telephone)
2. PN POSTEL (Perusahaan Negara Pos dan Giro)
3. PN Pos dan Giro (PN Pos Giro)
4. Perum Pos dan Giro
5. Dan sekarang PT Pos Indonesia (persero).

POS Indonesia merupakan  sebuah sebuah badan yang dimiliki oleh negara dan bertugas untuk menjadi kegiatan perposan di wilayah Indonesia. Sedangkan PT. POS Indonesia adalah lembaga yang ditunjuk pemerintah untuk mengelola POS Indonesia.

Sedangkan kantor POS Indonesia merupakan tempat untuk melayani berbagai aktivitas pelayanan umum untuk masyarakat dalam melayani pengumpulan, penyortiran, transmisi, penerimaan,  dan pengantaran surat dan paket pos.

Selain itu Kantor pos juga menjual benda-benda pos dan filateli, seperti kartu pos, amplop prangko, perlengkapan untuk membungkus paket, pengiriman wesel pos atau money order, layanan giropos, Pembayaran angsuran dan lain-lain.

Hingga saat ini POS Indonesia telah memiliki sekitar 24 ribu titik layanan kepada masyarakat yang menjangkau 100 persen kota/kabupaten, hampir 100 persen kecamatan dan 42 persen kelurahan/desa, dan 940 lokasi transmigrasi terpencil di Indonesia