Sebagai pemilik website baik yang baru membuat ataupun yang sudah lama mengelola asset online tentu membutuhkan sebuah tempat untuk menyimpan dokumen atu file secara online agar bisa di akses dari komputer seluruh dunia. Penyimpanan online atau sering disebut sebgai hosting membutuhkan sebuah username dan password untuk dapat masuk atau login agar bisa mengelola file kita secara online di internet.

 login cpanel Addon domain

Hampir setiap penyedia layanan hosting akan memberikan username dan password untuk login lewat cpanel atau ftp. Namun kebanyakan para pengelola website lebih banyak menggunakan cPanel untuk mengelola file atau dokumennya ketimbang menggunakan FTP(file transfer protokol), hal ini karena kemudahan fitur yang ada di cPanel itu sendiri.

Berbagai fitur tambahan biasanya diberikan oleh penyedia layanan hosting untuk penyewa, misalnya kapasitas penyimpanan lebih besar namun untuk addon domain tidak ada, ada juga penyimpanan kecil namun addon domain bisa mencapai 3 addon domain, atau bahkan ada yang memberikan kapasitas unlimited, addon domain unlimited dan juga bandwith unlimited.

Dengan adanya fitur addon domain unlimited, kita sebagai penyewa diuntungkan, karena hanya dengan satu akun kita bisa menambahkan banyak domain ke cPanel hosting kita, sehingga akan mudah dalam pengelolaan nantinya. Akan tetapi fasilitas atau fitur addon domain memiliki kekurangan, yakni semua domain yang di tambahkan ke cPanel domain utama sangat tergantung pada username dan password domain utama saat mendaftar untuk menyewa layanan hosting tersebut.

Dan bila kita menambahkan domain di cPanel utama, maka kita juga harus menggunakan username dan password yang ada pada domain utama,sebagai contoh misalnya saya menyewa sebuah hosting dengan domain tes.com, maka biasanya saya akan diberi username tes1 dan password 12@gh&%4 misalnya, agar bisa login ke cPanel. Dan kemudian saya menambah domain coba.com di cPanel tersebut, maka secara otomatis ketika saya akan mengelola file coba.com, saya harus menggunakan username dan password tes.com juga. Itulah kekurangan dari dalam satu akun shared hosting yang cPanel yang memiliki addon domain. Artinya jika salah satu website terjadi penyerangan oleh hacker misalnya, maka semua web yang ada di akun tersebut akan diserang juga.

Addon-Domain-cpanel hosting

Jadi jika kita memiliki modal, alangkah lebih baik apabila menyewa VPS (virtual private server), karena dengan VPS, maka kita bisa membuat akun cPanel untuk masing-masing domain.

Demikian panduan cara login di cPanel untuk addon domain dalam satu akun untuk banyak website atau domain. Semoga bermanfaat.