Beberapa hari yang lalu atau tepatnya tanggal 26 Oktober 2015 saya sangat merasakan kegembiraan karena selama melakukan bisnis online, baru kali ini bisa mendapatkan uang sebesar $800 dari menjual website berbahasa Indonesia yang lama tidak terurus. Bagaimana saya berhasil menjual webiste tersebut. Baiklah nanti saya akan berbagi pengalaman pertama menjual website berbahasa Indonesia seharga $800 di Flippa.

website for sale on flippa

Awalnya saya sangat optimis ketika mau menjual website saya yang berbahasa Indonesia, karena kebanyakan website atau blog yang di listing di flippa.com rata-rata berbahasa inggris, dan sudah saya coba search daftar listing domain atau blog maupun website yang ada di flippa , saya tidak menemukan yang menggunakan bahasa Indonesia. Sehingga saya sempat tidak yakin kalau website saya itu akan laku.

jual website di flippa

Namun setelah mempertimbangkan berbagai hal dan berkat tanya pada teman-teman yang pernah menjual website berbahasa Indonesia, katanya mereka pernah berhasil menjual di flippa dan terjual. Dan dari situlah saya agak optimis, kalau webiste saya akan laku, dan akhirnya saya lsiting juga di flippa.com.

Saya membayar biaya listing website saya ke flippa sebesar $19, dan waktu itu saya agak cemas karena belum apa-apa sudah disuruh bayar :), namun kembali lagi bahwa semua bisnis baik yang online maupun offline tentunya membutuhkan modal kan?.

Pada bulan Juli 2015 website saya yakni situs iklan baris yang menggunakan platform wordpress dan sedikit di modifikasi dengan  php dan mysql saya listing di flippa, dan saya menggunakan waktu listing selama 1 tahun. setelah ditunggu beberapa bulan tidak ada yang menawar sama sekali, jangankan menawar, yang melihat saja tidak ada, semakin cemas karena ini adalah pengalaman pertama saya menjual website di flippa.

Namun dasar rezeki tak kemana jika memang milik kita, akhirnya pada tanggal 12 Oktober 2015 lalu ada seorang bule dari spanyol yang menawar website iklan baris saya seharga $800, saya awalnya menolak tawaran tersebut karena saya ingin website saya bisa laku minimal $1000. Namun setelah di pikir-pikir akhirnya saya terima juga tawaran tersebut.

Dan pada hari kedua , saya mendapat pesan dari pembeli tersebut , bahwa dia telah mentrasnfer dananya ke Escrow milik flippa, kemudian, dana di tahan oleh escrow milik flippa sampai dengan saya memberikan semua asset saya ke pembeli.

Akhirnya saya memberikan kode epp untuk transfer domain dari registrar saya ke pembeli beserta semua file dan database situs iklan baris sya tersebut. Setelah saya memberikan semua itu, kemudian saya meminta agar dana yang ada di escrow milik flippa supaya dirilis ke rekening paypal saya, akhirnya pembeli pun merilis pembayaran ke rekening paypal saya, dan perlu diingat bahwa sebelum kita bisa menerima pembayaran dari escrow, kita disuruh untuk upload id berupa foto sedang memegang pasport atau SIM dan dikirimkan ke escrow untuk proses verifikasi.

Setelah proses verifikasi dokumen kita, maka kita akan di suruh menunggu sekitar 3 hari, baru dana dari escrow milik flippa sampai ke akun paypal kita. Akhirnya dari proses awal menerima tawaran sampai dengan dana sampai ke akun paypal mebutuhkan waktu sekitar 14 hari, dan pada tanggal 26 Oktober 2015 barulah dana masuk ke rekeing paypal kita. berikut secreenshotnya :

Pembayaran ke rekening paypal dari escrow milik flippa

Berikut link penjualan website berbahasa Indonesia yang berhasil terjual di Flippa :

https://flippa.com/5246841-classified-site-with-10-000-uniques-mo-making-80-mo

dan berikut screenshotnya :

Penjualan pertama website di flippa

 Demikian pengalaman saya menjual website pertama di Flippa, semoga bisa menjadi pengalaman lebih baik di penjualan berikutnya.