Mungkin kita sering mendengar atau melihat sebuah iklan di media cetak, elektronik atau masa yang menggemborkan tentang Asuransi. Namun apa sebenarnya Asuransi itu sendiri? Baiklah dalam kesempatan kali ini Infoperistiwa.com akan menjelaskan secara singkat pengertian dari Asuransi serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

rubber stamp with inscription INSURANCE

Asuransi atau merupakan terjemahan dari Insurance yang berarti pertanggungan adalah suatu bentuk perjanjian antara pihak penanggung atau perusahaan Asuransi dengan pihak tertanggung atau nasabah yang sering disebut sebagai Kebijakan untuk menanggung sebuah resiko terhadap segala sesuatu yang dijadikan obyek asuransi.

Lalu pertanggungan apa yang harus ditanggung oleh perusahaan Asuransi terhadap nasabah?, Pertanggungan yang dimaksud adalah pertanggungan melindungi suatu yang di asuransikan. Biasanya sesuatu yang diasuransikan meliputi Jiwa, Kesehatan, Properti, Pendidikan dan lain-lain.

asuransi untuk perlindungan keluarga

Apa keuntungan perusahaan Asuransi dengan adanya perjanjian tersebut?, Perusahaan Asuransi akan mendapatkan sejumlah uang yang harus dibayar oleh  nasabah dalam jumlah dan waktu tertentu sesuai perjanjian, sejumlah uang ini disebut sebagai premi. Umunya nasabah akan memberikan sejumlah uang yang lebih kecil bila dibandingkan dengan jumlah uang yang harus dikeluarkan oleh pihak perusahaan asuransi.

Sebagai contoh misalnya jika seseorang setiap tahun harus membayarkan premi asuransi sebesar 1 juta rupiah selama 5 tahun, maka dalam waktu lima tahun itu apabila seseorang tersebut mengalami kecelakaan dan harus menanggung biaya yang lebih besar daripada menabung selama 5 tahun dengan jumlah yang sama dengan uang yang diasuransikan tersebut, Misalnya ia harus megeluarkan biaya sebesar 25 juta rupiah, maka apabila hanya mengandalkan uang tabungan selama 5 tahun baru terkumpul 5 juta rupiah, namun dengan adanya Asuransi ia bisa menghemat 20 juta rupiah. Jadi ia akan mendapatkan ganti rugi yang lebih besar. Perjanjian antara perusahaan asuransi dan nasabah diatur dalam sebuah dokumen yang disebut Polis Asuransi.

Contoh polis asuransi
Contoh Polis Asuransi

Lalu apa manfaatnya Asuransi dalam kehidupan sehari-hari bagi nasabah yang mengasuransikan?. Perusahaan Asuransi akan memberikan jaminan perlindungan terhadap sesuatu yang diasuransikan oleh Nasabah, sebagai contoh misalnya apabila seseorang mengasuransikan rumah kepada perusahaan Asuransi, Maka apabila suatu hari rumah tersebut terjadi kebakaran maka sebagai pemilik rumah yang diasuransikan bisa mengajukan klaim untuk mendapatakn ganti rugi, dan perusahaan Asuransi akan menanggung kerugian yang ditimbulkan karena kebakaran tersebut.

Jadi dengan mengikuti program Asuransi , maka kita akan dapat terhindar dari kerugian secara finansial apabila di suatu waktu mengalami kecelakaan, sakit, atau bahkan meninggal dunia.