Berbicara tentang hukum mungkin kita sering mendengar, entah lewat televisi, radio atau surat kabar. Namun apa sebenarnya pengertian dari hukum itu sendiri?, mungkin bagi para mahasiswa jurusan fakultas hukum atau bahkan seorang yang profesinya sebagai ahli hukum, hal diatas sudah hafal diluar kepala.

Pengertian hukum secara umum dan macam-macamnya

Bagi orang awam atau publik yang rata-rata tidak paham tentang apa sebenarnya hukum itu, mungkin akan selalu bertanya dalam hati. Jika kita amati hukum itu ada bermacam macam dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini akan dijelaskan pengertian hukum secara umum dan macam-macamnya.

Pengertian hukum secara umum
Menurut wikipedia, Hukum adalah suatu sistem yang mengatur dalam pelaksanaan atas rangkaian kekuasaan kelembagaan. dari bentuk penyalahgunaan kekuasaan dalam bidang politik, ekonomi dan masyarakat dalam berbagai cara dan bertindak, sebagai perantara utama dalam hubungan sosial antar masyarakat terhadap kriminalisasi dalam hukum pidana, hukum pidana yang berupayakan cara negara dapat menuntut pelaku dalam konstitusi hukum menyediakan kerangka kerja bagi penciptaan hukum, perlindungan hak asasi manusia dan memperluas kekuasaan politik serta cara perwakilan mereka yang akan dipilih.

Jadi hukum itu secara singkat dapat diartikan sebagai sebuah jembatan yang mengatur segala bentuk pelanggaran yang dilakukan oleh orang atau masyarakat terhadap orang lain serta mengatur segala sanksi jika terjadi pelanggaran.

Hukum pidana

Hukum Pidana
Adalah hukum yang mengatur hubungan antar subjek hukum dalam hal perbuatan – perbuatan yang diharuskan dan dilarang oleh peraturan perundang – undangan dan berakibat diterapkannya sanksi berupa pemidanaan dan/atau denda bagi para pelanggarnya. Hukum ini sering terlihat hampir setiap hari, misalnya seseorang yang mencuri akan mendapatkan hukuman berupa ditahan dan dimasukkan ke penjara.

Hukum Perdata

hukum perdata

Adalah hukum yang mengatur hubungan-hubungan antara individu-individu dalam masyarakat dengan saluran tertentu. Hukum perdata disebut juga hukum privat atau hukum sipil. Salah satu contoh hukum perdata dalam masyarakat adalah jual beli rumah atau kendaraan .

Hukum Acara

Hukum acara merupakan ketentuan yang mengatur bagaimana cara dan siapa yang berwenang menegakkan hukum materiil dalam hal terjadi pelanggaran terhadap hukum materiil.

Hukum Publik

Adalah sebuah hukum yang mengatur tentang kepentingan masyarakat dalam bertingkah dan pelanggaran.

Hukum Formal

hukum formal indonesia

Adalah hukum yang darimana secara langsung dapat dibentuk hukum yang akan mengikat masyarakatnya.

Hukum Tata Negara

hukum tata negara indonesia

Hukum yang mengatur semua masyarakat hukum atasan dan masyarakat bawahan menurut tingkatannya dari masing-masing wilayah menentukan wilayah lingkungan masyarakatnya.

Dengan adanya hukum dan peraturan yang berlaku dan diatur dalam kitab undang-undang hukum, maka segala bentuk pelanggaran akan mendapat sanksi sesuai dengan yang diatur dalam kitab hukum tersebut.