Penyebab pengunjung atau visitor blog dan website turun drastis

Tiba-tiba visitor / pengunjung blog atau website turun drastis tanpa tahu penyebabnya setelah sebelumnya stabil atau sedang naik.

Mungkin diantara anda pemilik blog atau website pernah mengalami hal tersebut, seperti yang dialami infoperistiwa.com beberapa waktu yang lalu. Pengunjung yang biasanya antara 1-2k / hari tiba-tiba anjlok perlahan-lahan dan drastis.

visitor blog atau website turun

Lalu apa penyebab penurunan tersebut, mungkin setiap orang akan memiliki pengalaman yang berbeda-beda, namun disini infoperistiwa mencoba untuk berbagai pengalaman berdasarkan kejadian yang dialami pada portal ini.

Jika kita browsing di internet, dengan kata kunci ” penyebab turunnya visitor / pengunjung blog atau website secara tiba-tiba” , maka akan ada banyak para pemilik blog atau website yang memaparkan apa yang menyebabkan web / blognya turun. Dibawah ini adalah beberapa hal yang menyebabkan pengunjung infoperistiwa.com turun, tentunya setelah kami menyelidiki lebih jauh :

1. Portal blog infoperistiwa.com mengganti template baru.

Dengan mengganti template, maka secara otomotis struktur berubah, seperti judul, deskripsi, script, navigasi dan komponen lain yang memang sangat penting bagi mesin pencari untuk merayapinya. Dengan bergantinya template, maka para robot mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dan lain-lain akan kesulitan dan bingung dengan tempat yang biasanya mereka singgahi, akibatnya, mereka harus memulai awal untuk mengumpulkan dan menyusun informasi secara teratur kembali. Hal ini memakan waktu yang cukup lama. Akibatnya beberapa artikel atau konten tidak muncul dalam hasil pencarian mesin pencari. Dengan hal demikian, maka pengunjung menjadi turun.

2. Pindah ke domain lain.( tidak dengan infoperistiwa.com)

Biasanya perpindahan dari nama domain lama ke nama domain baru akan menyebabkan kehilangan atau turunnya pengunjung secara drastis. Hal ini dikarenakan url yang di domain lama akan error jika diakses, maka membutuhkan waktu untuk dapat kembali normal pengunjung sebelumnya.

3. Jarang posting atau terlalu banyak posting

Infoperistiwa.com pernah melakukan posting 10 posting per hari, namun bukannya kenaikkan visitor namun malah sebaliknya, terutama jika artikel mengambil dari sumber lain dan tidak menyertakan link sumber yang memiliki otoritas tinggi di mata seacrh engine. Hal ini karena blog atau web infoperistiwa dianggap duplicat konten, sehingga beberapa artikel yang terindeks di mesin pencari sedikit demi sedikit terlempar ke halaman yang jauh dari hasil mesin pencari.

Namun setelah memeperbaiki hal diatas, dan mencoba posting 1 minggu sekali, ternyata pengunjung tetap tidak kembali normal. Kemudian posting dilakukan setiap sejari 1 artikel, dengan demikian perlahan lahan pengunjung mulai normal kembali.

Dan mungkin masih banyak lagi penyebab mengapa visitor blog / web turun dengan tiba-tiba. sekian dulu semoga bermanfaat.