Tempat Wisata di Jogjakarta

Tempat Wisata di Jogjakarta

Di Jogja, Anda dapat menjumpai sebuah landmark warisan kebudayaan dunia, yakni Candi Prambanan. Selain itu, berbagai pantai indah di Gunung Kidul juga menjadi magnet wisata Jogja yang sangat kuat.

Tidak dapat dipungkiri, berbagai tempat wisata di Jogja adalah masuk ke dalam daftar favorit tempat wisata di Indonesia yang popularitasnya dikenal baik di kalangan wisatawan domestik hingga turis mancanegara. Jogja adalah sebuah provinsi dengan pelbagai keunikan dan kekayaan budaya yang mempesona.

Selain itu, daerah istimewa di Indonesia yang dipimpin oleh seorang sultan ini juga memiliki keindahan alam yang memikat. Anda dapat menjelajahi berbagai desa wisata yang ada di Sleman, Kulonprogo, hingga Bantul dan Gunung Kidul untuk dapat merasakan sensasinya.

 

Budaya masyarakat lokal yang unik turut menjadikan provinsi Yogyakarta menjadi salah satu destinasi wisata Indonesia yang populer. Tidak di situ saja, mencicipi aneka kuliner Jogja juga menjadi salah satu pengalaman yang tak terlupakan selain membawa beberapa oleh-oleh khas Jogja sepulang berwisata di sana.

Statistik kepariwisataan Jogja membuktikan bahwa pesona wisata di Yogyakarta mendapatkan atensi khusus di kalangan penikmat perjalanan. Pertumbuhan jumlah kunjungan wisata selama 2010 – 2014 menunjukkan peningkatan yang signifikan. Kunjungan wisata di Jogja sepanjang tahun 2014 mencatatkan angka 16.7 juta wisatawan. Dari jumlah ini, turis domestik sejumlah 16.2 juta dan turis mancanegara sebesar 572 ribu wisatawan.

Tempat Wisata di Jogjakarta

Berikut ini adalah update terbaru tempat wisata di Jogja yang paling terkenal dan adalah pula destinasi wisata Jogja yang paling disenangi wisatawan berdasarkan jumlah kunjungan di sepanjang tahun 2014 yang lalu.

30. Pantai Sadeng

Di masa purbakala, inilah muara Sungai Bengawan Solo yang terkenal itu. Di Pantai Sadeng, Anda dapat menyaksikan jejak geologi alirannya. Tetapi kini, Anda dapat menyaksikan banyak kapal nelayan di pantai ini. Pantai Sadeng adalah juga pantai pelabuhan. Tempat wisata di Jogja yang satu ini sudah memiliki fasilitas wisata yang memadai serta tersedianya sejumlah tempat kuliner khas pantai, dan masakan olahan ikan.

Keindahan Pantai Sadeng di Jogja

Keindahan Pantai Sadeng di Jogja (qodra.blogspot.co.id)

Potret suasana di Pantai Sadeng Jogja

Potret suasana di Pantai Sadeng Jogja (liburmulu.com)

Harga Tiket Masuk Pantai Sadeng: berkisar 5 ribuan

29. Ramayana Prambanan (Trimurti)

Diselenggarakan di area Candi Prambanan, pertunjukan ini menyuguhkan Anda sebuah tontonan yang menggabungkan tari dan drama tanpa dialog, dan mengisahkan cerita Ramayana. Sendratari Ramayana Prambanan secara konsisten terus mementaskan kegiatannya sejak 1961 hingga sekarang. Setiap tahun, pertunjukan ini mencatatkan kunjungan wisatawan setidaknya mencapai 129 ribu wisatawan. Pementasan sendratari ini dilakukan di panggung terbuka saat bulan kemarau dengan mengambil latar Candi Prambanan, selain itu pementasan diadakan di panggung tertutup.

Antusiasme wisatawan menonton pertunjukan Ramayana Prambanan

Antusiasme wisatawan menonton pertunjukan Ramayana Prambanan (youtube.com)

Pertunjukan Ramayana Prambanan

Pertunjukan Ramayana Prambanan (semberani.com)

Harga Tiket Masuk Ramayana Prambanan: berkisar 40 ribu – 400 ribu

28. Sendang Sono

Inilah salah satu kompleks peziarahan umat Katolik di Jogjakarta. Sendang Sono kerap disebut sebagai Lourdes-nya Indonesia. Suasananya begitu sejuk dan jauh dari hiruk-pikuk, terletak di area perbukitan Menoreh. Meski adalah tempat ziarah, Sendang Sono terbuka untuk publik. Kegiatan yang populer dilakukan di sini, seperti berdoa, atau duduk bersantai menikmati suasana yang tenang dan panorama yang meneduhkan. Bangunan-bangunan yang terdapat di Sendang Sono juga menyuguhkan pemandangan yang menarik karena desain arsitekturalnya yang khas.

Goa Maria Sendang Sono di Jogja

Goa Maria Sendang Sono di Jogja (myridemyadventure.blogspot.co.id)

Harga Tiket Masuk Sendang Sono: gratis

27. Pantai Pandansimo

Dari Kab. Bantul, pantai ini menjadi sebuah destinasi wisata di Jogja yang cukup terkenal. Anda dapat menemukan berbagai kios kuliner khas pantai yang siap melayani Anda di sana. Bagi Anda yang suka bermain motor ATV, Anda tinggal menyewanya saja untuk berjelajah di sana. Kawasan pantai ini jauh dari keramaian kota dan memiliki akses jalan yang baik. Inilah sebab, Pantai Pandansimo menjadi salah satu tujuan wisata keluarga di Jogja. Ada banyak wisatawan yang duduk-duduk bersantai dan bercengkerama sambil menggelar tikar di tepian pantai. Pantai Pandansimo terletak dekat dengan Pantai Kuwaru Kuwaru.

Fasilitas motor ATV di Pantai Pandansimo

Fasilitas motor ATV di Pantai Pandansimo (gudeg.net)

Harga Tiket Masuk Pantai Pandansimo: berkisar 3 ribuan

26. Pantai Wedi Ombo

Pantai ini adalah salah satu yang populer di Gunung Kidul Yogyakarta, memiliki ciri khas berupa gugusan batu karang yang kokoh di sejumlah spot. Ombak di pantai ini tergolong besar dengan ketinggian hingga 3-4 meter. Meski demikian, pantai ini disukai wisatawan karena hamparan pasir putih yang bersih serta panorama pantainya yang unik dan berkesan. Setiap tahun, pantai Jogja yang satu ini dikunjungi setidaknya 143 ribu wisatawan. Selain menikmati pesona pantai, Anda juga dapat menyantap makanan khas Gunung Kidul di kawasan pantai ini, seperti tiwul dan belalang goreng.

Salah satu spot menarik untuk berenang dan bermain di Pantai Wedi Ombo Jogja

Salah satu spot menarik untuk berenang dan bermain di Pantai Wedi Ombo Jogja

Harga Tiket Masuk Pantai Wedi Ombo: berkisar 5 ribuan

 

 

selengkapnya di  : initempatwisata.com