Jika selama ini kita belajar di sekolah atau kampus maupun tempat pembelajaran lainnya biasanya akan berhadapan dengan sebuah papan berwarna hitam lebar atau putih di depan kelas atau yang digunakan oleh mentor pengajar, mungkin dalam beberapa tahun kedepan semua itu akan segera digantikan dengan sebuah papan lebar namun sudah sangat canggih.

papan tulis hitam kapur
papan tulis hitam



papan tulis putih spidol
papan tulis whiteboard

Karena kehadiran papan tulis ini nantinya adalah sebuah papan yang merupakan papan tulis elektronik, papan tulis ini berbeda sekali dengan papan tulis yang selama ini kita lihat atau kenal selama menjadi seorang siswa ataupun mahasiswa.

Papan tulis canggih tersebut bisa digunakan secara langsung menggunakan jari terutama pada saat menggambar grafis, sehingga lebih mempermudah dalam memberikan pembelajaran.

papan tulis digital layar sentuh atau touch screen white board

dengan adanya papan tulis layar sentuh, bahkan sepuluh jari pun dapat menyentuh atau menulis di papan tersebut. Papan tulis dengan teknologi layar sentuh sebetulnya bukanlah teknologi baru, melainkan merupakan sebuah pengembangan dari layar display yang ada di pasaran saat ini seperti laptop, smartphone, atau tablet.

Papan tulis dengan layar sentuh ini akan hadir dan dikenalkan ke Indonesia oleh pabrik elektronik asal korea selatan yakni LG.

Menurut pihak marketing LG Indonesia, dengan hadirnya papan tulis ini nantinya dapat membuat pembelajaran semakin mudah dan jelas.

Bagaimana dengan harganya, karena jika dilihat dari bentuk fisiknya sangat lebar dan cukup besar jika dibandingkan dengan display layar sentuh pada umumnya? Kita tunggu saja kehadirannya.